Pages

Wednesday, April 10, 2013

RAMUAN HERBAL UNTUK PENYAKIT TELINGA, HIDUNG DAN TENGGOROKAN (THT) SERTA PENYAKIT SALURAN PERNAPASAN BAGIAN BAWAH

a. 6 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Asma 
Asma adalah gangguan pernapasan yang bersifat alergis (peka terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, seperti debu/udaradingin). Penderita penyakit ini akan mengalami kesulitan bernapas dan rasa sesak di dalam dada. biasanya disertai batuk dan ketika bernapas mengeluarkan suara yang tinggi tetapi terdengar menyempit.

Gejalanya :

  • Kesulitan dalam bernapas
  • Rongga dada menggembung
  • Kelenjar ludah hanya menghasilkan sedikit air ludah yang sangat kental
  • Penderita merasa lemah. Kadangkala wajah berubah menjadi kebiruan
  • Penderita yang akut bisa mengalami pingsan

Ramuan Untuk Mengobatinya 
Ramuan 1
Bahan-bahan : Enam lembar daun randu (kapuk) yang masih muda dan madu. 
Cara membuatnya : cuci bersih daun randu lalu giling sampai lumat. Seduh dengan secangkir air panas. Campurkan satu sendok makan madu. Saring campuran terebut. Minumlah 2 x sehari dalam keadaan hangat-hangat kuku. Dosis yang dianjurkan cukup 2 sendok makan sekali minum.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 10 siung bawang putih an madu
Cara membuat : Kupas dan cuci bersih kesepuluh siung bawang putih tadi, potong agak tipis dan rebus dengan dua gelas air sampai air yang tersisa tinggal satu seperempat gelas. Saring ramuan tersebut setelah dingin. Tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. minum 3x sahari sebanyak setengah gelas.

Ramuan 3
Bahan-bahan : satu genggam daun tanjung muda dan dua sendok makan kikisan kayu cendana.
Cara membuat : Keringkan daun tanjung muda dan jadikan serbuk. Campurkan kikisan kayu cendana ke dalamnya. Jika penyakit asma kambuh, isaplah ramuan ini beberapa kali.

Ramuan 4
Bahan-bahan : 8 lembar daun sirih, 12 lembar daun akar gamat, 20 butir biji buah putat, 30 butir lada putih.
Cara membuat : Cuci semua bahan hingga bersih, Tumbuk sampai halus, kemudian remas-remas dengan jari sambil di campur dengan minyak kayu putih sebanyak 3 sendok teh, balurkan ke bagian dada dan punggung penderita asma.

Bahan 5
Bahan-bahan : 7 lembar daun sambilata, 1 sendok teh saga manis, Satu sendok teh bunga belimbing, 7 biji cengkeh, 7 biji kemukus an satu jari tangan kayu manis.
Cara membuat : Cuci bersih semua bahan tadi, rebus dengan 3 gelas air, setelah air tersisa separuhnya maka dinginkan terlebih dahulu, Minum 3 x sehari sebanyak setengah gelas untuk sekali minum.

Ramuan 6
Bahan-bahan : sepuluh batang sereh dan gula secukupnya
Cara membuat : Cuci dan memarkan batang sirih, rebus ke dalam 5 gelas air putih lalu tambahkan gula secukupnya, biarkan hingga air rebusan tersisa separuhnya, setelah dingin minum 4 x sehari sebanyak setengah gelas untuk sekali minum.

Selain perwatan dengan berbagai ramuan herbal tadi, penderita asma juga harus mengurangi makanan dan minuman dingin, tidak merokok, tidak mandi terlalu malam dan menjaga emosi agar tetap stabil.


b. 4 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Amandel
Amandel adalah penyakit yang disebabkan kerusakan pada permukaan selaput lendir. Jika sudah parah akan terjadi kerusakan pada jaringan amandel. Penyebabnya adalah Basil Fusifomis atau Basil Spirila yang memicu terjadinya peradangan atau pembengkakan pada Tonsil. 

Gejalanya :

  • Pusing-pusing
  • Demam dengan suhu tinggi hingga 41 derajat Ceslsius
  • Mengalami nyeri pada tenggorokan dan kelenjar gondok
  • Sakit sewaktu menelan makanan/minuman
  • Badan menjadi lemah


Ramuan Untuk Mengobatinya :
Ramuan 1
Bahan : Tiga buah jeruk nipis
Cara membuat : Ambil kulit jeruk nipis lalu cuci sampai bersih, iris kecil-kecil, rebus ke dalam dua gelas air putih bersih, biarkan hingga air tersisa seperempatnya saja, setelah dingin kemudian disaring. Gunakan air tersebut untuk berkumur lalu diminum. Lakukan 3-4 kali sehari sebanyak 3 sendok makan untuk sekali minum.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 2 buah pala, 20 biji cengkeh, 3 sendok makan minyak kelapa.
Cara membuat : Cuci bersih buah pala dan biji cengkeh, remas-remaslah dengan minyak kelapa. Saat akan di pakai hangatkan terlebih dahulu, kemudian balurkan secara merata pada leher 2 x sehari.

Ramuan 3
Bahan-bahan : Jeruk nipis, Kunyit dan madu
Cara membuat : Peras jeruk nipis dan memarkan kunyit hingga keluar airnya, campurkan air jeruk nipis dan air pada kunyit lalu tambahkan madu secukupnya. Minum sedikit demi sedikit sebanyak 2-3 sendok makan sekali minum. Lakukan berulang-ulang dalam sehari.

Ramuan 4
Bahan-bahan : 2 sendok makan sari buah mengkudu, 1 sendok teh air perasan jeruk nipis, 1 sendok teh air perasan kunyit, 2 sendok makan madu murni, 8 sendok makan air rebusan benalu teh.
Cara membuat : Masukan semua bahan ke dalam botol bersih yang telah dicuci dengan air panas, kocok sampai bercampur. Kepada anak-anak yang berusia diatas 7 tahun berikan ramuan tersebut 3 x sehari sebanyak satu sendok teh, anak-anak berusia diatas 12 tahun/orang dewasa berikan 5 x sehari sebanyak 1 sendok teh sekali minum.

c. 2 Ramuan Herbal Untuk Meredakan batuk
Batuk adalah reaksi tubuh untuk menangkis serangan berbagai penyakit seperti Influensa, TBC, radang paru-paru atau radang tonsil. Sebenarnya batuk tidak bisa disembuhkan kecuali biang penyakitnya sembuh. Namun gejala batuk bisa iringankan dengan memberikan berbagai ramuan tradisional/herbal.

Berikut ramuannya :
Ramuan 1 
Bahan-bahan : 15 biji cengkeh, 1 biji buah pala, 6 buah jeruk nipis, 15 helai daun sirih.
Cara membuat : Siapkan air sebanyak 3 gelas, tumbuk cengkeh sampai halus, belah jeruk nipis menjadi 2, campurkan semua bahan tersebut ke dalam panci. Gunakan kuali dari tanah liat agar tidak terjadi korosi (karat) antara bahan ramuan dan logam panci. Rebus ramuan dalam kuali hingga mendiih, saat merebus sebaiknya panci/  kuali tidak ditutup agar penguapan lebih cepat terjadi. Dinginkan sesaat, lalu masukan ramuan tersebut ke dalam botol. Takaran yang di anjurkan adalah 3 x sehari dengan dosis 4 sendok makan untuk orang dewasa dan 2 sendok makan sekali minum untuk anak-anak. Jika menghendaki rasa yang enak dapat ditambahkan madu.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 1 buah jeruk nipis yang sudah tua yang banyak mengandung air, kapur sirih.
Cara membuat : Peras jeruk nipis dan seduh dengan air panas sebanyak 1 gelas (sekitar 60 cc). Campurkan sedikit kapur sirih ke dalamnya. Minum campuran tersebut sebanyak 2 x sehari. Dosis yang dianjurkan untuk sekali minum adalah 2 sendok makan.

d. 2 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Batuk Rejan
batuk rejan adalah jenis batuk kering yang sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini mudah menular terutama pada anak balita. Penularan bisa terjadi lewat bersin, batuk atau muntahan si penerita. Sama dengan batuk, penyakit ini dipicu oleh udara dingin dan makanan yang banyak mengandung minyak.

Gejalanya :

  • Biasanya batuk datang secara tiba-tiba dan terjadi pada malam atau pagi hari yang dingin
  • Penderita akan terbatuk-batuk selama beberapa menit dengan rasa gatal yang berat di tenggorokan. Biasanya disertai dengan muntah dan keluarnya dahak yang pekat
  • Ketika serangan terjadi, wajah penderita tampak berwarna merah kebiruan, urat lehernya menegang dan matanya berair

Berikut ramuannya
Ramuan 1
Bahan-bahan : Sepertiga genggam daun semanggi
Cara membuat : Cuci daun semanggi sampai bersih, rebus ke dalam 13 liter air. Biarkan airnya hingga tersisa seperempatnya, saring dan taburkan gula secukupnya. Minum sebanyak 2 x sehari dengan dosis setengah gelas (60 cc) sekali minum.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 4 kuntum kembang telang, 18 daun kembang telang, setengah sendok teh adas, setengah jari pulosari, 1 siung bawang merah.
Cara membuat : Cuci bersih semua bahan tersebut, tumbuk sampai halus, masukan ke dalam tiga perempat cangkir air masak yang hangat, campurkan 1 sendok makan madu lalu peras dan saring. Minumkan sebanyak 2 x sehari dengan dosis 2 sendok makan sekali minum.

e. 4 Ramuan Herbal Untuk Mengobati Bronkhitis
Bronkhitis adalah penyakit yang terjadi pada cabang batang tenggorokan. Di daerah tersebut biasanya terjadi peradangan akibat basil dan berbagai zat polutan. Penyakit ini dibagi 2 macam yaitu bronkhitis biasa dan bronkhitis kronis (menahun). Keduanya merupakan penyakit yang sangat menular. Pada bronkhitis biasa penyebab utamanya adalah kuman atau basil, tidak ada unsur alergi dari si penderita. Sementara itu, penyebab bronkhitis kronis lebih banyak dipengaruhi oleh sifat alergi si penderita. Biasanya faktor keturunan berpengaruh pada penderita bronkhitis kronis.

Gejalanya :

  • Sering batu-batuk disertai dengan keluarnya banyak lendir
  • Munculnya rasa nyeri dan panas pada bagian dada. Rasa nyeri seperti ini biasanya juga menyerang tulang dada
  • Mengalami kesulitan bernapas. Biasanya dada juga terasa sesak
  • Suhu tubuh meninggi akibat peradangan
  • Terkadang disertai gejala batuk yang mirip dengan asma


Berikut ramuannya :
Ramuan 1
Bahan-bahan : Sepertiga genggam daun poko dan sepertiga genggam daun kerbau.
Cara membuat : Cuci kedua daun tersebut sampai bersih, giling sampai halus, campurkan 2 sendok makan minyak jeruk sintrun ke dalamnya, lalu remas-remaslah. Cara pemakaianya oleskan pada leher, lalu balutlah bagian yang diolesi tadi. Ramuan ini diberikan sebanyak 2 hari sekali.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 2 kuntum bunga sepatu  dan garam
Cara membuat : Cuci bunga sepatu hingga bersih, masukan ke dalam 1 gelas air masak, bubuhkan sedikit garam, peras dan saringlah. Minum 2 x sehari dengan dosis 2 sendok makan untuk sekali minum.

Ramuan 3
Bahan-bahan : 2 ibu jari kunyit, 1 genggam daun patikan kerbau, seperempat ons gula batu
Cara membuat : Kupas dan cuci kunyit hingga bersih, iris tipis-tipis, masukan ke dalam 4 gelas air bersama 1 genggam daun patikan kerbau dan seperempat ons gula batu, rebus hingga air yang tersisa tinggal 2 gelas. Minum ramuan tersebut 3 x sehari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

Ramuan 4
Bahan-bahan : 2 ibu jari kunyit, 1 genggam daun asam muda, satu ibu jari umbi bidara upas, setengah genggam daun pegagan
Cara membuat : Kupas kunyit sebanyak 2 ibu jari dan cuci hingga bersih, iris kecil-kecil, masukan irisan terebut ke dalam 4 gelas air bersama dengan umbi bidara upas, daun pegagan dan daun asam muda. Rebus hingga air tinggal 2 gelas. Minum ramuan terebut sebanyak 3 x sehari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

f. 2 Ramuan Herbal Untuk Penyakit Gondok
Penyakit gondok tidak sama dengan penyakit gondong yang disebabkan oleh kekurangan yodium. Salah satu penyakit THT ini disebabkan oleh virus. Sering sekali penyakit ini muncul sebagai wabah yang menyerang anak-anak usia sekolah dasar .

Gejalanya : 

  • Pembengkakan pada kelenjar ludah
  • Rasa tegang dan nyeri pada mulut, khususnya saat mengunyah dan menelan makanan
  • Berkurangnya selera makan yang disertai dengan seringnya muntah-muntah
  • Suhu badan meninggi
  • Ada suara dengungan pada telinga


Berikut ramuannya :
Ramuan 1
Bahan-bahan : 2 lembar daun simbar menjangan
Cara membuat : Cucilah daun simbar menjangan sampai bersih, giling sampai halus, berikan air dan garam secukupnya, Oleskan pada bagian yang sakit dengan dosis 2 x sehari

Ramuan 2
Bahan-bahan : Tiga perempat genggam daun terup, setengah genggam daun belimbing wuluh, 3 siung bawang merah, 3 sendok makan air cuka
Cara membuat : Cuci semua bahan hingga bersih, kemudian remas-remas sambil dicampur dengan air cuka. Oleskan pada bagian yang sakit sebanyak 2 x sehari.

g. Ramuan Herbal Untuk Penyakit Rinitis (penyebab hidung tersumbat)
Penyakit yang sering disebut dengan rinitis alergica ini disebabkan oleh alergi. Faktor penyebab alergi juga beragam, antara lain debu rumah, tepyng sari bunga (Polen), Udara dingin, asap rokok atau asap pabrik.
Rinitis adalah gejala awal penyakit sinusitis (peradangan pada rongga sinus di wajah).

Gejalanya :

  • Hidung tersumbat
  • Kesulitan bernapas karena hidung tersumbat
  • Terkadang disertai dengan gejala batuk dan flu
  • Keluar air mata akibat alergi dan rasa gatal
  • Terkadang juga diikuti dengan demam


Berikut ramuannya
Bahan-bahan :Untuk memperkuat syaraf hidung sekaligus memperkuat kondisi tubuh bisa diracik ramuan yang berupa 3 batang sereh, 2 ruas jahe merah, 7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga, 1 batang kayu manis dan 1 sendok teh bubuk kayu secang.
Cara membuat : Cucilah jahe dan batang sereh hingga bersih kemudian dimemarkan, rebus jahe dan batang sereh tadi ke alam 6 gelas air, setelah agak mendidih masukan cengkeh, kapulaga, kayu manis dan kayu secang kedalamnya, biarkan hingga air rebusan tinggal 3 gelas, setelah dingin angkat dan saring air tersebut, masukan ke dalam botol yang bersih. Minum ramuan tersebut 3 x sehari sebanyak setengah gelas. Bisa juga ditambah 1 sendok makan madu murni.

h. 2 Ramuan Herbal Untuk Influensa
Influensa adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini mudah menular. Cara penularannya bisa melalui bersin, batuk atau bercakap-cakap dengan penderita. Karena disebabkan oleh virus, penyakit ini tidak bisa disembuhakan. Penderita bisa sembuh dengan sendirinya jika kondisi badannya membaik. 

Gejalanya :

  • Hidung berair dan tersumbat
  • Sering bersin
  • Kepala pusing dan pandangan kadang berkunang-kunang
  • Terkadang disertai gejala batuk
  • Terjadi demam akibat radang hidung dan tenggorokan

Berikut ramuannya :
Ramuan 1 
Bahan-bahan : 5 Sendok makan air perasan jeruk nipis, 2 sendok teh minyak kayu putih, 1 sendok makan air kapur sirih.
Cara membuat : Campurkan semua bahan. Gosokan ramaun tersebut pada leher, dada dan punggung. Lakukan 2 x sehari sampai gejala benar-benar mereda.

Ramuan 2
Bahan-bahan : 2 jari kuli kina, 1 jari lempuyang wangi, 30 butir biji pepaya, 2 sendok makan jeruk nipis, 3 sendok makan madu.
Cara membuat : Bersihkan kulit kina, lempuyang wangi dan kulit pepaya. Tumbuk halus ketiga bahan tersebut, masukan ke dalam satu air hangat, campurkan juga air jeruk nipis dan madu, peras dan saring airnya. Minum 3 x sehari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

i. Ramuan Herbal Untuk Penyakit Polip Hidung
Polip adalah penyakit yang menyerang rongga hidung. penyebabnya adalah tumbuh daging kecil (Tumor lunak) di dalam rongga hidung akibat peradangan rinitis alergica yang tidak segera diobati. Disamping harus menjalani pengobatan penderita berpantang menyantap makanan yang bisa menimbulkan alergi seperti udang, kepiting dan ikan tongkol. Jauhi juga media penyebabalergi berupa debu, serbuk sari bunga, bulu binatang, asap rokok dan asap pabrik.

Gejalanya :
  • Hidung terasa seperti tersumbat
  • Rongga hidung terasa gatal dan pedih
  • Sering bersin
  • Mata berair akibat alergi
  • Kadang disertai dengan demam

Berikut ramuannya
Bahan-bahan : 7 lembar daun sirih, 1 genggam daun cemara, 1 jari kunyit
Cara membuat : kupas dan cuci kunyit kemudian di parut, rebus ke dalam 10 gelas air bersama bahan-bahan lain yang telah dibesihkan, biarkan air mendidih sampai hanya tersisa 8 gelas. Tuang air tersebut ke dalam panci. Cara pemakainya selubungi kepala dengan handuk, tempatkan posisi kepala di atas panci lalu hirup uapnya. Lakukan pengobatan ini 2 x sehari pada pagi dan sore hari sampai penyakit benar-benar hilang.

J. 2 Ramuan Herbal Untuk Radang Anak Telinga
Radang anak telinga adalah penyakit yang disebabkan oleh melebarnya pembulus cistachius di dalam rongga hidung. Akibatnya, ketika terjadi radang disekitar teka atau rongga hidung, menjalarlah berbagai jenis basil menuju ke anak telinga. Selanjutnya terjadilah peradangan yang bercampur dengan nanah pada anak telinga. Biasanya penyakit ini sering diikuti oleh gejala influensa.

Berikut ramuannya
Ramuan 1
Bahan-bahan : 1 sendok makan biji kapas, seperempat genggam daun iler, 1 jari rimpang kunyit
Cara membuat : Cuci bahan-bahan tersebut kemudian tumbuk sampai halus. Rebus ke dalam 2 gelas air bersih hingga tinggal separuhnya. Tunggu sampai dingin, lalu saring. Teteskan cairan tersebut ke dalam lubang telinga yang sakit. Dalam sehari lakukan 4 kali penetesan, setiap penetesan memerlukan 2-3 tetes ramuan

Ramuan 2
BAhan-bahan : 10 lembar daun kecubung, 2 sendok makan minyak kelapa
Cara membuat : Cuci daun kecubung hingga bersih lalu giling halus. Campurkan 2 sendok minyak kelapa yang telah dihangatkan, remas-remas campuran itu. Peras dan saring hasilnya. Teteskan ramuan tersebut pada anak telinga yang sakit sebanyak 3 kali penetesan sehari. Setiap penetesan memerlukan 5 tetes ramuan


K. Ramuan Herbal Untuk Penyakit Sinusitis
Sinusitis adalah gejala penyakit peradangan yang terjadi pada rongga sinus, tepatnya pada sinus maxilaris dan sinus frontalis. Sinus maxilaris terdapat dibelakang hidung, tepatnya diantara pipi dan pangkal hidung. Sementara sinus frontalis terletak dirongga di belakang pangkal hidung bagian atas yang berdekatan dengan dahi. Penyakit ini terjadi akibat alergi atau rinitis yang tidak segera diobati.

Gejalanya :
  • Hidung tersumbat
  • Ingus berlebihan terutama saat terkena serangan alergan (penyebab alergi)
  • Mata pedih dan berair
  • Sering bersin
  • Jika di rontgen  terdapat nanah pada rongga sinusnya

Berikut ramuannya
Bahan-bahan : 5 tangkai batang sereh, 3 buah jeruk nipis yang sudah tua, 7 lembar daun sirih, 17 biji cengkeh, 2 jari jahe
Cara membuat : Kupas jahe dan sereh lalu memarkan, kupas juga kulit jeruk nipis dan belah menjadi 4 bagian, rebus semua bahan tersebut dengan 6 gelas air, biarkan mendidih hingga airnya tinggal 3 gelas. Minum 3 x sehari setelah makan. Dosisnya setengah gelas sekali minum. Penderita ini tidak dianjurkan untuk menkonsumsi makanan penyebab alergi, seperti kepiting, udang, dan ikan tongkol. Hindari minum es dan berlama-lama di udara dingin. Gunakan jaket jika berada di ruang AC.


l. 3 Ramuan Herbal Untuk Mendukung Terapi Medis Penyakit TBC
TBC adalah salah satu penyakit paru-paru yang sering dibicarakan. Penyebabnya adalah kuman TBC. Terapi pengobatan harus dilakukan terus menerus hingga tuntas. Perlu dilakukan pemeriksaan lendir dan foto rontgen untuk memastikan serangan penyakit sehingga pengobatannya bisa segera dilakukan secara akurat. Selama terapi medis dilakukan, bisa dibarengi dengan mengkonsumsi ramuan tradisional untuk menambah daya tahan tubuh dan meningkatkan daya kerja paru.

Gejalanya :
  • Batuk berdarah
  • Frekuensi batuk sangat sering
  • Jika berjalan cukup jauh akan mengalami sesak napas
  • Terasa gatal ditenggorokan
  • Demam tinggi
  • Kadang tersedak ketika tidur karena cairan paru-paru keluar ke saluran napas bagian atas

Berikut ramuannya
Ramuan 1
Bahan-bahan : 3 lembar daun sirih, 7 biji cengkeh, 7 biji kemukus, 7 biji kapulaga, 1 jari kayu manis
Cara mambuat : Masukan semua bahan ke dalam air bersih sebanyak 4 gelas, Rebus hingga airnya tersisa 2 gelas, dinginkan dan saring, dianjurkan untuk minum ramuan ini 3 x sehari, dosisnya seperempat gelas untuk sekali minum.

Ramuan 2 
Bahan-bahan : Seperempat gelas air perasan buah mengkudu, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 1 sendok makan perasan kunyit
Cara membuat : Campur jadi satu ketiga bahan tersebut, rebus selama 15 menit. Minum 1 x sehari sebanyak seperempat gelas setiap menjelang tidur.

Ramuan 3
Bahan-bahan : 5 lembar daun sirih, setengah jari kayu manis, 1 jari jahe emprit, 7 biji kemukus, 7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga, setengah sendok teh adas manis, setengah jari pulosari
Cara membuat : Jahe dibakar sebentar lalu dikupas, cuci dan memarkan. masukan semua bahan ke dalam 4 gelas air. Rebus hingga airnya menjadi 2 gelas. Minum 3 x sehari sebanyak setengah gelas. Tambahkan satu sendok masu setiap kali meminumya.

Sumber : Ramuan Tradisonal Oleh Tim Redaksi Agromedia Pustaka



Semoga bermanfaat

Gerbang Informasi


No comments:

Post a Comment